Header Iklan

ads header

Breaking News

Kisah Tasnim Nazeer Presenter TV Pertama Yang Berhijab di Skotlandia


Seorang wanita Muslim menjadi jurnalis wanita pertama yang berhijab di TV berita Skotlandia. Hijabers bernama Tasnim Nazeer itu sudah menjalani karier selama sepuluh tahun dalam dunia jurnalistik.

Tasnim Nazeer menjadi sorotan setelah penampilannya di program berita STV, Skotlandia. Selama ini menurut Tasnim dia diminta melepaskan hijabnya jika ingin menjadi penyiar.

"Seorang senior di industri ini bilang padaku, jika kamu ingin masuk siaran TV di Skotlandia, kamu perlu mempertimbangkan untuk melepaskan hijab karena meskipun kamu punya potensi, keterampilan, tetapi penampilanmu (berhijab) dianggap tidak cocok," demikian Tasnim mengenang ucapan yang pernah diterimanya dari salah seorang senior di industri pertelevisian di Skotlandia.



Namun akhirnya dia menemukan stasiun televisi yang mau menerima penampilannya sebagai muslimah yaitu STV. Tasnim bersyukur stasiun televisi itu mau mendobrak tradisi dan bisa menjadi contoh untuk organisasi lainnya.

Tasnim mengatakan selama 10 tahun berkarier sebagai jurnalis, dia banyak bertemu orang yang memandangnya lebih rendah hanya karena dia berhijab. "Saya telah bertemu dengan individu-individu tertentu yang membuatnya sangat jelas bagi saya, bahwa dunia penyiaran bukanlah ruang bagi wanita Muslim. Industri ini hanya untuk ras kulit putih seperti yang kamu lihat setiap hari di layar kaca," kata jurnalis yang telah bekerja di berbagai media top dunia termasuk Guardian, Al Jazeera, Independent, CNN dan masih banyak lagi.

Berbicara kepada Middle East Monitor (MEMO), wanita 34 tahun itu menyoroti bagaimana dirinya mendapat diskriminasi karena berhijab. Orang-orang yang melakukan diskriminasi itu tidak melihat rekam jejak kariernya. Tasnim merupakan jurnalis yang berfokus pada Timur Tengah dan isu-isu seperti ketidakadilan, korupsi dan kejahatan di masyarakat yang selama ini suaranya kurang terwakili.



Artikel pertamanya diterbitkan di sebuah surat kabar internasional Sri Lanka, setelah tsunami 2004. Dia membuat artikel yang menarik perhatian publik tentang para korban bencana yang masih belum menerima bantuan pemerintah.

"Diskriminasi menjadi lebih jelas ketika saya menjadi jurnalis lepas di organisasi di mana tidak ada satu pun jurnalis dari ras kulit hitam atau orang Asia yang bekerja di sana," ujar wanita yang memiliki gelar master dari jurusan jurnalisme internasional itu.

Kini bisa tampil menjadi penyiar berita televisi dengan hijabnya, Tasnim ingin mempertahankan posisi tersebut agar bisa jadi inspirasi hijabers lainnya yang pernah bernasib serupa dengannya. Karena menurutnya banyak wanita berhijab yang senasib dengannya menghadapi diskriminasi dan harus berkompromi dengan identitas mereka sebagai muslimah.

"Saya selalu berpegang teguh pada keyakinan yang saya yakini. Saya mengenakan hijab untuk Allah SWT dan saya pribadi tidak pernah merasa bahwa itu adalah penghalang. Bagi saya lebih baik diam tanpa ada kemajuan daripada harus melepaskan keimanan saya," tegas wanita keturunan Sri Lanka itu.

Tasnim adalah langkah positif untuk keragaman. Namun, laju perubahan itu belum cukup baginya. Ia juga terjun untuk merepresentasikan komunitas Black, Asian and Minority Ethnic (BAME) di Inggris. Dan dia membuat petisi di Change.org, yang menyoroti kebutuhan representasi dan keragaman di media, khususnya di Inggris.

"Ini adalah untuk membantu orang. Tidak hanya untuk wanita muslimah saja, tetapi siapa saja. Saya mendapat reaksi dari mereka yang difabel dan orang-orang dari agama lain," tambah Tasnim.


Sumber : DetikCom

====================================================================
Jalan-jalan ke Bandung lebih enak sewa hiace commuter aja. Di Bandung ada sebuah perusahaan jasa rental hiace di bandung yang terpercaya, yaitu PT Teladan Trans yang telah berkecimpung cukup lama di dunia persewaan transportasi di Bandung.

Berikut ini informasi kontak yang bisa dihubungi jika ingin rental hiace di bandung  :

Office : Jl. Cingised Kav. Pemda Blok D – 30 Bandung
Telepon : 0851-0399-6600, 0813-2231-1136
WhatsApp : +62851-0399-6600

Berikut layanan di PT Teladan Trans :

www.rentalhiace.id
www.mobilbox.id
www.sewabus.co.id
====================================================================

Tidak ada komentar